Penyakit Jantung Juga Bisa Menyerang Anak

Jum'at, 26 Oktober 2018 - 07:35 WIB
Penyakit Jantung Juga Bisa Menyerang Anak
Penyakit Jantung Juga Bisa Menyerang Anak
A A A
Penyakit jantung tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi dapat menyerang anak-anak. Mereka juga tidak terhindarkan dari risiko penyakit jantung.

Bahkan, kelainan jantung bawaan bisa dialami anak saat masih dalam kandungan. Penyakit jantung yang terjadi sejak dalam kandungan kita kenal sebagai penyakit jantung bawaan.

Ada pula penyakit yang menyerang anak dan menyebabkan terjadi kelainan di jantung. Jenis kelainan bentuk jantung pada bayi atau anak sangat bervariasi dan menimbulkan gejala klinis yang beragam mulai dari ringan, seperti mudah lelah, sering infeksi saluran nafas, berat badan sulit bertambah, bahkan sesak atau tampak biru.

“Untuk menemukan lebih dini penyakit jantung bawaan, maka orang tua diajak untuk bisa mengamati tersebut. Sedangkan dari sisi medis, pemeriksaan rontgen dada dan ekokardiografi dapat menunjang untuk menentukan jenis penyakit jantung tersebut,” ujar Dokter Spesialis Anak Konsultan Kardiologi Anak Rumah Sakit Evasari Awal Bros, Dr.

Nuvi Nusarintowati, Sp.A (K). Ada beragam jenis kelainan jantung bawaan yang rentan dialami anak-anak, antara lain adalah sekat bilik jantung berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD), penyempitan katup paru (Pulmonary Stenosis/PS), sekat serambi jantung berlubang (Atrial Septal Defect/ASD), dan tetralogi fallot (Tetralogy of Falot/TOF).

Dr. Nuvi menyarankan agar para orang tua mulai menjaga kesehatan jantung anak dimulai dari sekarang, yaitu dengan melakukan berbagai hal pencegahan. Sebut saja memperhatikan bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari, menjaga pola tidur, dan hidup aktif, yakni dengan melakukan aktivitas sehat, seperti rutin berolahraga dan lainnya.

Karena kesehatan jantung anak adalah sebuah investasi di masa depan untuk bisa meraih mimpi mereka. “Sampaikan kekhawatiran orang tua seperti berat tidak naik, sering batuk pilek, atau sering tampak lelah, dan jangan lupa tanyakan apakah ada kelainan pada jantungnya,” kata dr.

Nuvi menganjurkan. Untuk tata laksana penyakit jantung bawaan (PJB) pada anak, dokter akan memeriksa secara menyeluruh termasuk melakukan rontgen dada. Bila kemudian dokter menduga terdapat kelainan jantung, maka akan diperlukan pemeriksaan ekokardiografi.

Jenis dan variasi PJB anak sendiri sangat luas dan bisa terjadi kombinasi kelainan yang diderita seorang anak. Bahkan, pada suatu jenis kelainan yang sama, derajat keparahannya pun bervariasi dari sangat ringan sampai sangat berat.

Koreksi kelainan jantung sangat tergantung pada kelainan PJB yang ditemukan dan tidak semuanya dilakukan dengan operasi. Ada beberapa kelainan yang bisa diperbaiki dengan jalan intervensi di ruang kateterisasi jantung.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6533 seconds (0.1#10.140)